Pada tanggal 29 November 2022 saya mengikuti REY SUMMIT ke 8 melalui Zoom. Pada REY SUMMIT ini agak berbeda dari sebelumnya karena mengundang banyak panelist yang hadir, acara ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu
Session ke 1 menghadirkan Pembicara : Prof.Dr. Umam Suherman AS.M.Pd (Universitas pendidikan indonesia), Hari De Supardi S Kom (Diskominfo Tangerang), Wisnu Wiraatmaja Efendi (PT.Jagoan Ekspor Impor)
Kesimpulan
- Teknologi 4.0 mengakibatkan Manusia terDisrupsi dan proses akan cepat, luas dan tanpa ruang
- Akan ada sekitar 20 jenis pekerjaan yang akan tergantikan
- Saat Covid-19 proses digitalisasi sangat massive dengan tumbuhnya platform digital untuk sekolah online atau work from home
- Dengan Masuk Digitalisasi akan ada pekerjaan baru yang muncul seperti:Subscription (Penyedia konten langganan) seperti Netflix, Hotstar dan lain-lain, Ad Supported (Penyedia Aplikasi Gratis), Marketplace (Penyedia tempat jual produk), E-Commerce (Penjualan Produk)
- Untuk menjadi Enterprenuer diperlukan Passion, Entrepreneurship, Trend, Teknologi, Belajar, Pengalaman, Komunitas agar bisa menjadi seorang Vendor Web Design, Sosmed Marketing, Content Creator
- Tangerang sudah memiliki Digital Platform untuk pelayanan masyarakat yaitu Tangerang LIVE
- Pemerintah kota Tangerang pada Tahun 2021 mendapat skor 3.40 dan tertinggi sedaerah banten
- Kota Tangerang memiliki team Cyber yaitu Tangerang Kota – CSIRT
- Menedukasi masyarakat mengenai bahaya cyber crime yang terjadi seperti scamming, pencurian data dan lain-lain
- Visi Indonesia di Tahun 2024 adalah Produsen Halal no satu di dunia
Session ke 2 dilakukan dengan cara talkshow yang menghadirkan Brand Manager Hanasui, Ibu Suviana (Dandelion), Ibu Jennie Novovita (Care Skin Media), Ibu Yolanda Sunaryo (Kireiwash Laundry), Ibu Lingkan Letlora (Sn GD Grab Indonesia) yang di moderatori oleh Ibu Corry Evan Stephanie (CEO Amespa Bali)
Kesimpulan :
- Dalam menjual suatu produk harus berani tampil berbeda dari pada umumnya dengan pricing strategi – (Hanasui)
- Cara membuat konten untuk kata-kata mesti sedikit nyeleneh contohnya “serum tidak harus mahal” (Hanasui)
- Menggunakan KOL/Influencer sebagai Brand Ambasador (Hanasui)
- Digital Marketing itu adalah backbone suatu perusahaan untuk saat ini dalam strategi pemasaran (Dandelion)
- engage consumer, show emphasis and deliver best quality product (Dandelion)
- Memulai Bisnis karena suatu keadaan seperti banyak menerima keluhan terkait kulit – (Care Skin Media)
- Menggunakan youtube or IG Sebagai kolabarasi marketing – (Care Skin Media)
- Kesalahan yang dilakukan indi startup : bingung mau mulai dari mana. Solusinya mulai aja dulu (Care Skin Media)
- Marketing strateginya focus on community marketing (Care Skin Media)
- Dalam membesarkan brand perlunya build strong teams (Kireiwash Laundry)
- Perlu Legal sebagai basic dalam perlindungan merek perusahaan (Kireiwash) serta mempersiapkan semua ijin-ijin yang diperlukan
- Metode Digital Marketing AISAS (attention, interest, search, action, share) – (Grab Indonesia)
- Diperlukan 1.5 detik untuk follower engage di sosmed sebelum mereka scrolling (Grab Indonesia)
- Menggunakan Visual dengan Kata2 contohnya eeh jgn scroll liat dulu caption.. (Grab Indonesia)
Session ke 3 dilakukan dengan cara talkshow yang menghadirkan Ibu Dwi Andayani (CEO BIG Indonesia), Ibu Khadijah Alqi Al-Makiyah (Founder BIG Indonesia), Bapak Ucu Komarudin M.Kom (CEO Edufecta) dan Ammar Zoni (Halal Export Indonesia) yang di moderatori oleh Bapak Andree Emmanuel Widjaja Ph.D (Dosen Prodi SI – UPH)
Kesimpulan :
- Halal Sertifikat kegunaannya untuk mendapatkan Trust dan Isu yang ada di Market (Pasar)
- Legitimasi Halal ada di pemerintah sedangkan MUI sebagai Komisi Fatwa
- Sertifikasi halal pengurusannya sampai 2024 setelah itu akan ada denda atau penutupan usaha
- Merubah Tranformasi dari Customized ke Digital adalah salah satu bisnis strategi (Edufecta)
- B2B Business dan bekerjasama dengan Perguruan Tinggi adalah strategi pemasaran Edufecta
- Memperbaiki Keuangan dengan cara membuat SOP, Hiring team berdasarkan project salah , Menghibahkan dana ke perguruan tinggi dan Kerjasma Research dan Development dengan Perguruan Tinggi adalah satu strategi untuk Financial Planning
- Bisnis itu dimulai dengan Masalah (Big Indonesia)
- Orang itu akan mengingat kita tidak lebih 1 jam, oleh karena itu diperlukan sikap kepercayaan diri yang tinggi dalam bertemu dengan orang (Big Indonesia)
- Jangan takut mulai bisnis. mulai aja kadang-kadang modal bisa didapat dari hasil koneksi (Big Indonesia)
- Menyerahkan hal keuangan kepada seorang profesional jangan keluarga atau diri sendiri serta memisahkan keuntungan perusahaan dan keperluan pribadi ini adalah Tips Financial Planning dari Big Indonesia
- Berpartner dengan UMKM dan PT Pos Indonesia untuk ekspor sebagai langkah menekan cost logistik
- Kendala tersulit yang di hadapi oleh Ammar Zoni dari Halal Export Indonesia adalah Mindset dari UMKM (mendapatkan keuntungan dengan mark up) harusnya kalau ekspor harga harus lebih murah karena bersaing dengan negara lain seperti India yang berani menurunkan harga
Demikian hasil dari REY SUMMIT 8, saya sendiri banyak mendapatkan ide-ide dari para panelist. Terima Kasih Universitas Raharja yang telah mengdakan event bergensi ini