Pertanyaan :
TUGAS 10
Berikut adalah tugas kelas Manajemen Pemasaran (FE112) pertemuan #10
PT XYZ adalah perusahaan kosmetik yang telah beroperasi selama 10 tahun. Mereka memiliki beberapa produk unggulan, namun baru-baru ini mereka mengalami penurunan penjualan. PT XYZ ingin mengidentifikasi masalah dan mencari solusi untuk memulihkan kinerja pemasaran mereka, Maka:
1. Berdasarkan studi kasus di atas, jelaskan faktor-faktor apa yang mungkin menjadi penyebab penurunan penjualan PT XYZ?
2. Apa yang dapat dilakukan PT XYZ untuk mengidentifikasi pasar sasaran yang tepat untuk produk kosmetik mereka?
3. Jelaskan strategi pemasaran yang dapat digunakan PT XYZ untuk memperkenalkan produk kosmetik baru mereka ke pasar yang tepat.
4. Bagaimana PT XYZ dapat memanfaatkan riset pasar untuk memahami preferensi konsumen dan tren terkini dalam industri kosmetik?
5. Jelaskan langkah-langkah yang dapat diambil PT XYZ untuk membangun merek yang kuat dan meningkatkan kesadaran merek mereka di kalangan konsumen.
6. Bagaimana PT XYZ dapat menggunakan media sosial dan pemasaran digital untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan keterlibatan dengan konsumen mereka?
7. Jelaskan pentingnya analisis dan pengukuran kinerja pemasaran dalam mengidentifikasi keberhasilan kampanye pemasaran PT XYZ.
Status : 100% dikerjakan
Keterangan : diselesaikan sebelum due date
Bukti :
1.Berdasarkan studi kasus di atas, jelaskan faktor-faktor apa yang mungkin menjadi penyebab penurunan penjualan PT XYZ?
Jawaban : Penyebab penurunan penjualan PT XYZ terjadi karena penurunan kualitas produk, seringnya kosongnya persediaan barang, penggunann teknologi teknologi, persaingan sebesar perubahan selera konsumen, munculnya barang pengganti dan ketersediaan pemasok.
2. Apa yang dapat dilakukan PT XYZ untuk mengidentifikasi pasar sasaran yang tepat untuk produk kosmetik mereka?
Jawaban : Dengan cara pemilihan segmentsi pasar yang cocok seperti merencanakan produk dengan lebih baik sehingga dapat memenuhi permintaan pasar, memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen. Dengan melakukan market segmentation, maka suatu bisnis akan lebih mudah dalam memberikan pelayanan sesuai dengan segmentasinya.
3. Jelaskan strategi pemasaran yang dapat digunakan PT XYZ untuk memperkenalkan produk kosmetik baru mereka ke pasar yang tepat
Jawaban : Strategi pemasaran yang tepat yaitu mulai mengembangkan produknya melalui sosial media dengan kreativitas agar orang-orang tertarik kembali dengan produk kosmetiknya.
4. Bagaimana PT XYZ dapat memanfaatkan riset pasar untuk memahami preferensi konsumen dan tren terkini dalam industri kosmetik?
Jawaban : Melakukan survei online tentang produk tren yang sekarang sedang viral bisa digunakan sebagai acuan mengembangkan produk kosmetik
5. Jelaskan langkah-langkah yang dapat diambil PT XYZ untuk membangun merek yang kuat dan meningkatkan kesadaran merek mereka di kalangan konsumen.
Jawaban : Melakukan kampanye iklan dan promosi berkelanjutan, gunakan halaman Media Sosial untuk berintraksi dengan konsumen, meningkatkan kualitas produk layanan serta bekerja sama dengan influencer
6. Bagaimana PT XYZ dapat menggunakan media sosial dan pemasaran digital untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan keterlibatan dengan konsumen mereka?
Jawaban : Mempromosikan kembali dengan membuat konten produk kosmetik yang menarik dan bernilai serta mengubah tampilan gambar yang aktraktif serta konsisten dalam berkonten agar banyak peminat yang senang melihatnya
7. Jelaskan pentingnya analisis dan pengukuran kinerja pemasaran dalam mengidentifikasi keberhasilan kampanye pemasaran PT XYZ.
Jawaban : Agar PT XYZ lebih paham dalam mengetahui peluang bisnisnya, cara menghadapi berbagai persaingan dalam berbisnis dan dapat membantu membuat menejemen resiko sehingga kerugian karena kegagalan produk dapat ditekan, bahkan dihindari.