
LEARNING FACTORY NARASI NUSANTARA (LFN2)
Dilakukan dalam 4 Pertemuan di setiap kelas Business Digital
Conducted in 4 Sessions for Each Business Digital Class
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
A. LEARNING OBJECTIVES
- Memahami Jurnalisme Berbasis Data dan Narasi Lokal. Understanding Data-Driven Journalism and Local Narratives
Mahasiswa akan memahami konsep dasar jurnalisme investigasi, jurnalisme data, dan jurnalisme sastra yang dikombinasikan dengan kekayaan narasi dan kearifan lokal di Indonesia.
Students will learn the fundamental concepts of investigative journalism, data journalism, and literary journalism integrated with Indonesia’s rich local narratives and wisdom.
- Menguasai Keterampilan Riset Mendalam. Mastering In-Depth Research Skills
Peserta akan dilatih untuk melakukan riset secara komprehensif, mulai dari mengumpulkan data, verifikasi fakta, hingga mengolah informasi dari berbagai sumber yang kredibel dan terpercaya.
Participants will be trained to conduct comprehensive research, from data collection and fact verification to processing information from various credible and trustworthy sources.
- Mengembangkan Kemampuan Menulis Kreatif dan Informatif. Developing Creative and Informative Writing Skills
Mahasiswa akan mengasah kemampuan menulis dalam berbagai format jurnalistik, seperti berita mendalam (feature), narasi panjang (long-form), dan artikel berbasis data, dengan gaya bahasa yang menarik dan mudah dipahami.
Students will enhance their ability to write in various journalistic formats such as feature stories, long-form narratives, and data based articles using an engaging and accessible writing style.
- Membangun Sensitivitas Jurnalisme Beretika. Building Ethical Journalism Sensitivity
Peserta akan dibekali dengan pemahaman etika jurnalistik yang kuat, termasuk independensi, objektivitas, dan tanggung jawab terhadap publik, sehingga mampu menyajikan informasi yang akurat dan berimbang.
Participants will gain a strong understanding of journalistic ethics, including independence, objectivity, and public responsibility, enabling them to deliver accurate and balanced information.
- Menghasilkan Karya Jurnalistik yang Berkualitas. Producing High Quality Journalistic Works
Tujuan utama adalah membimbing mahasiswa untuk menghasilkan produk jurnalistik yang memiliki dampak, relevan, dan berkontribusi dalam mengangkat isu-isu penting di Nusantara.
The main goal is to guide students in creating impactful, relevant journalistic products that contribute to highlighting important issues across the Indonesian archipelago.
B. MANFAAT PEMBELAJARAN
B. LEARNING BENEFITS
- Peningkatan Keterampilan Multitasking dan Adaptabilitas. Enhanced Multitasking and Adaptability Skills
Mahasiswa akan terbiasa bekerja di bawah tekanan (deadline) dan mampu beradaptasi dengan perubahan tuntutan media, baik cetak maupun online, yang melatih mereka untuk menjadi jurnalis yang serbaguna.
- Pembentukan Pola Pikir Kritis dan Analitis.
Melalui pelatihan riset dan verifikasi, peserta didik akan terlatih untuk berpikir kritis, tidak mudah percaya pada hoaks, dan mampu menganalisis isu secara mendalam.
- Pengembangan Jaringan Profesional.
Kelas ini akan mempertemukan mahasiswa dengan praktisi jurnalistik profesional melalui sesi berbagi pengalaman, workshop, dan kolaborasi, yang bermanfaat untuk membangun jaringan di dunia kerja.
- Peningkatan Kepercayaan Diri.
Dengan menghasilkan karya jurnalistik yang dipublikasikan (internal atau eksternal), mahasiswa akan merasakan kebanggaan dan memiliki portofolio yang kuat untuk memulai karier di bidang media.
- Pemahaman Mendalam akan Isu-Isu Lokal.
Mahasiswa akan didorong untuk mengeksplorasi dan mengangkat narasi dari daerah-daerah di Indonesia, yang akan meningkatkan pemahaman mereka tentang keberagaman budaya dan isu sosial di Nusantara.
C. HASIL YANG DIHARAPKAN
- Portofolio Jurnalistik Komprehensif:
Setiap mahasiswa akan memiliki portofolio berisi berbagai produk jurnalistik, mulai dari artikel mendalam, investigasi singkat, hingga liputan berbasis data.
- Karya Jurnalistik Berdampak:
Tersusunnya beberapa karya jurnalistik (bisa dalam bentuk tulisan, video, atau podcast) yang mengangkat isu-isu relevan dan narasi lokal Nusantara. Karya terbaik dapat dipublikasikan di media internal kampus atau media massa terkemuka.
- Pemahaman Etika dan Profesionalisme:
Mahasiswa memiliki pemahaman dan kesadaran yang tinggi akan etika jurnalistik, yang terlihat dari cara mereka menyajikan berita secara objektif dan bertanggung jawab.
- Sikap Pembelajar Aktif:
Mahasiswa terbiasa dengan metode pembelajaran berbasis proyek yang aktif dan interaktif, sehingga mereka mampu menjadi pembelajar mandiri yang terus mengembangkan diri setelah kelas selesai.
- Jurnalis Berkarakter:
Menjadi jurnalis muda yang tidak hanya terampil, tetapi juga memiliki integritas, sensitivitas, dan keberanian untuk menyuarakan kebenaran melalui narasi-narasi Nusantara yang kuat.
D. RENCANA MATERI DAN KEGIATAN
| Pertemuan | Materi | Kegiatan |
| 1. |
Membedah Narasi Nusantara: Pengenalan Jurnalistik |
● Ice Breaking & Diskusi: Menjelajahi isu-isu lokal yang menarik dan belum terangkat. |
| 2. |
Dasar-dasar penulisan berita |
● Workshop: Membedah setiap unsur dan cara penerapannya dalam mengumpulkan informasi. |
| 3. |
Mencari Fakta di Lapangan: Keterampilan Riset & Wawancara |
● Role Playing: Praktik wawancara simulasi dengan skenario yang realistis. |
| 4. |
Meracik Cerita Naratif: Menulis Long-Form Feature |
● Latihan Menulis: Menyusun draf awal narasi berdasarkan hasil riset dan wawancara. ● Review: Saling mengoreksi draf tulisan dengan teman sekelas. ● Tugas: Menyelesaikan draf pertama narasi panjang. |
|
5. |
Jurnalisme Multimedia ● Adaptasi narasi untuk platform online(web, media sosial). ● Memahami elemen multimedia (foto, video, audio) untuk memperkaya cerita. ● Strategi publikasi di media online. |
● Workshop Multimedia: Pengenalan dasar penggunaan foto dan video dalam narasi. |
| 6. |
Editorial Clinic & Finishing Touch |
● Diskusi Intensif: Setiap mahasiswa mempresentasikan draf karyanya untuk mendapatkan masukan. |
| 7. |
Sesi Inspirasi: Berbagi Pengalaman dengan Praktisi |
● Tanya Jawab: Mahasiswa bisa bertanya langsung tentang dunia kerja dan tips penulisan. |
| 8. |
Perayaan Karya & Presentasi Akhir |
● Presentasi: Mahasiswa mempresentasikan hasil karyanya secara singkat di depan kelas. |
