4 Tipe Plagiarisme Jurnal

4 Tipe Plagiarisme Jurnal

Tipe Plagiarisme
Menurut Soelistyo (2011) ada beberapa tipe plagiarisme:

  1. Plagiarisme Kata demi Kata (Word for word Plagiarism). Penulis menggunakan kata-kata penulis lain (persis) tanpa menyebutkan sumbernya.
  2. Plagiarisme atas sumber (Plagiarism of Source). Penulis menggunakan gagasan orang lain tanpa memberikan pengakuan yang cukup (tanpa menyebutkan sumbernya secara jelas).
  3. Plagiarisme Kepengarangan (Plagiarism of Authorship). Penulis mengakui sebagai pengarang karya tulis karya orang lain.
  4. Self Plagiarism. Termasuk dalam tipe ini adalah penulis mempublikasikan satu artikel pada lebih dari satu redaksi publikasi. Dan mendaur ulang karya tulis/ karya ilmiah. Yang penting dalam self plagiarism adalah bahwa ketika mengambil karya sendiri, maka ciptaan karya baru yang dihasilkan harus memiliki perubahan yang berarti. Artinya Karya lama merupakan bagian kecil dari karya baru yang dihasilkan. Sehingga pembaca akan memperoleh hal baru, yang benar-benar penulis tuangkan pada karya tulis yang menggunakan karya lama.

Dari penjabaran 4 tipe plagiarisme diatas, maka vio membuat konten sebagai alat penyampaian informasi tersebut ^^

Dimana konten memuat tema dan nuansa Pastel Water Color yang sangat indah menawan mata, serta terdapat 4 komponen penting yaitu:

  1. Logo Alphabet Incubator
  2. Judul “4 Tipe Plagiarisme Jurnal
  3. Website yaitu alphabetincubator.id
  4. QR Code yang menuju ke website Alphabet Incubator

 

No Comments

Add your comment